Sabtu, 03 November 2012

RESEP MUDAH KEPITING SAUS PADANG


                                                      
  
  Resep yang satu ini memang banyak digemari oleh semua kalangan baik yang muda yang tua semua pada YES dengan resep satu ini, enggak salah lagi KEPITING SAUS PADANG dengan penyampuran antara kepiting, dan bumbu dari khas Padang . Ok kali ini aku Evi akan memberkan resep mudah bagaimana cara MENGOLAH KEPITING SAUS PADANG. Simak ya guys !


Bahan :
2 ekor kepiting telur/jantan (aku pakenya kepiting kecil / rajungan)
4 sdm saus tiram
5 sdm saus tomat, siap pakai
3 sdm saos sambal, siap pakai
150 ml air (kaldu seafood) – aku sih pake bekas rebusan kepiting
1 sdt merica bubuk
½ sdt garam
½ sdt penyedap rasa – aku ngga pake
1 batang daun bawang, iris serong tipis
½ buah bawang bombay, iris tipis
1 sdt gula pasir
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk – karena susah carinya, aku ngga pake
1 ltr air untuk merebus
5 sdm minyak goreng
1 buah telur yang telah dikocok – aku pake  cuma 1/2 lebih dikit aja
Bumbu yang dihaluskan :
5 siung bawang merah – karena disini gak ada bawang merah, aku pake bawang bombai yang warna merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit merah, tumis sampai layu
2 cm jahe
1 ruas kunyit, bakar -  disini kaga ada yang jual kunyit, jadi aku pake kunyit bubuk
3 buah kemiri, sangrai – udah nyari kesana kemari, ngga nemu penjual kemiri, jadi aku ngga pake juga
2 sdm cabe merah giling, siap pakai – yang ini juga ngga aku pake
Cara membuat :
1. Bersihkan kepiting. Siapkan panci lalu rebus kepiting hingga matang dan berubah warna menjadi oranye, angkat. Belah sesuai sisi.
2. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama bawang bombay, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukkan kepiting dan sisa semua bahan termasuk kocokan telur, aduk rata. Masak hingga bumbu menyerap dan kuah mengental. Angkat

Nah mudahkan silahkan dicoba ya,,

*Evi Annisasalim

2 komentar:

Terimakasih yang sudah komentar, saya harap komentarnya yang baik, dan mengandung kata-kata yang positif, dan tidak mengandung kata-kata sara. DAN JANGAN MENJIPLAK, COPY-PASTE, MENIRU SETIAP POSTINGAN INI (Thanks are already comments, I hope the good comments, and contain positive words, and not contain offensive words. AND DO NOT COPY PASTE, ANY IMITATES THIS POST)